Welcome to my blog :)

rss

Thank you for visiting my blog

Bookmark and Share Yahoo bot last visit powered by  Ybotvisit.com Google bot last visit powered by Bots Visit GothicMatch.com - the best Gothic dating site! Rahsia Iklan Super Efektif
Share |
SUGENG ENGGAL ENGGAL DATANG MATUR SUWON PANJENENGAN MBOTEN MALES MAMPER TEN DALEM PANGGONAN KULO BLOGGER BELAJAR MY MUSIK OF MOJOKERTO KEMLAGI New Song The Fluffy Dinda All Info Musik 2010 Download mp3 Indie Mojokerto Download all indie mojokerto 2012

Sabtu, 17 April 2010

Musik Punk Sendal Jepit

Bandung - Semua pasti pernah memakai sendal jepit. Bagaimana tidak, alas kaki yang merakyat ini memang kerap menemani kehidupan kita sehari-hari.

Namun sendal yang ini bukan sendal biasa. Sarat dengan distorsi dan hingar bingar musik punk rock. Sendal Jepit, sekumpulan anak muda Bandung ini sudah 17 tahun eksis di dunia musik punk.

Berawal di tahun 1992, Rendi (Gitar), Ramdhan (Drum), Toran (Bas), Maruli (Gitar) dan Andri (Vokal) yang saat itu masih duduk di bangku sekolah menengah dan sama-sama menggemari musik melodic punk terbersit membentuk sebuah grup band.

"Waktu itu kita masih SMP, tapi sama-sama suka musik punk jadilah kita bikin band bareng. Pas latihan bingung mo nyari nama apa. Mau pake Bahasa Inggris masih belum fasih, tiba-tiba waktu mau latihan Maruli lihat ada Sendal Jepit. Nah, dari sana anak-anak sepakat aja kita pakai nama itu," tutur Toran kepada wartawan.

Sebelum mengusung musik melodic punk, di awal perjalanannya Sendal Jepit sempat memainkan musik metal. Namun karena setiap berkumpul telinga lebih akrab dengan musik kesukaan mereka Bad Religion, Sendal Jepit pun memutuskan untuk memilih aliran punk melodic.

"Waktu masih mencari-cari bentuk sih kita bikinnya metal. Tapi lama-lama dengar Bad Religion jadi terinspirasi aja untuk bikin melodic punk," ujar Toran.


Sebagai band yang lahir di era 1990an, GOR Saparua tentu menjadi tempat manggung terfavorit pada saat itu.

"Yah, namanya juga band lama. Dulu panggung musik Bandung yang paling asyik ya utamanya di Saparua. Banyak bandnya dan aliranya variatif banget," tutur Toran.

Tak disangka tak dinyana, kekompakan Toran cs menggeber musik melodic punk membuat penikmat musik melirik.

"Kita sih sebenernya enggak pernah ada pikiran untuk jadi terkenal. Kita bikin musik yang sreg sama kita dan ternyata banyak yang suka ya kita syukuri saja," ujar Toran lagi.

Namun ditengah-tengah perjalanan karir Sendal Jepit, sejumlah sandungan mulai bermunculan. Di antaranya keluarnya masuknya personel karena kondisi yang tidak memungkinkan.

"Wah, kalau keluar masuk personil sudah berkali-kali. Diawali dari keluarnya Maruli yang digantikan Adwin di tahun '99. Namun Adwin pun tidak bertahan lama sehingga digantikan Brew (Gitar) di tahun 2003. Setelah itu Ramdhan keluar yang posisinya digantikan Ijan ," seloroh Toran.

Sendal Jepit pertama kali mengeluarkan rilis tahun 1997. "Waktu itu masih self titled, Sendal Jepit, yang responnya ternyata cukup baik. Tidak sebatas komunitas tapi publik juga lumayan suka," tutur Brew yang diamini Toran.

Karena album pertama mereka begitu diapresiasi oleh publik, Toran cs sepakat untuk merilis kembali materi lama mereka kedalam album 'Ini Bukan Album Baru' di tahun 2002. Setahun berselang Sendal Jepit merilis album 'Ini Bukan Album Metal' di tahun 2003.

"Sebenarnya di 'Ini Bukan Album Metal' itu kontennya masih sama dengan album sebelumnya, namun ada tambahan dua lagu beraliran metal. Karena awalnya kita sempat memainkan metal juga," tutur Brew.

Karir musik Sendal Jepit terus menanjak seiring dengan membanjirnya tawaran manggung. "Lumayanlah, tawaran dari berbagai pihak sering ada. Termasuk untuk gabung ke album kompilasi dan menjajal panggung-panggung di seluruh Indonesia," seloroh Brew.

Menyoal lirik, Sendal Jepit lebih menyuarakan problematika sosial, cinta dan pertemanan. "Dari dulu sampai sekarang temanya kebanyakan itu. Kalau yang paling sering bikin lagu Rendi tapi aransemen sih digarap bareng-bareng," ujar Brew.

Ketika akan menggarap album di tahun 2007, Andri sang vokalis mendadak keluar karena satu dan lain hal. Demikian pula dengan Ijan yang juga pergi meninggalkan Sendal Jepit. Yang tersisa tinggal Toran, Rendi, dan Brew.

"Kita bertiga sempat bingung, jadinya karena tidak punya vokalis dan juga drummer. Sempat mengadakan audisi namun karakter yang cocok tak kunjung
ditemukan. Akhirnya posisi vokal diisi bergantian oleh Brew dan Rendi sedangkan drum diisi additional player Obo," ujar Brew.

Berbekal semangat musik cadas, Sendal Jepit pun terus eksis hingga saat ini. Rencananya, mereka akan merilis album di penghujung tahun ini.

"Tunggu saja, di akhir tahun ini kita akan mengeluarkan split album dengan sebuah band asal Bandung, bandnya masih rahasia. Tapi yang jelas konsepnya berbeda dari sebelum-sebelumnya," tutur Brew.


Download mp3 Sendal Jepit ok bnget.......
Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave a trail here so I can track your blog :)

.

Web music player Quantcast CINTAKU HANYA UNTUKMU NIA THE FLUFFY - SATU HATI | Promosikan Halaman Anda Juga New Mp3 Video 2010 Upload File Di bayar View Larger Map GothicMatch.com - the best Gothic dating site! GothicMatch.com - the best Gothic dating site! Masthead Banner Made with MyBannerMaker.com! Click here to make your own! web tracker
D0wnload mp3 gratis Ikuti Kontes L'A di Kota Kamu!!